12:58wib
意大利通过点球大战赢得 2020 年欧洲杯 阿根廷以1-0击败巴西,夺得2021年美洲杯冠军

Profil NNC

简介

Netralnews.com 成立于 2016 年 2 月 1 日。之所以选择 Netralnews.com 为名称,是因为我们在线新闻媒体希望呈现出立场中立和公正的各种新闻,注重新闻道德,不选边站。


 

Netralnews.com是印度尼西亚第一家三语在线新闻网沾,由中立印尼文版(Netral Indonesia,Netralnews.com)、2017年1月9日成立的中立英文版(NETRAL ENGLISH)和2017年3月15日成立的中立中文版(NEUTRAL MANDARIN)组成。


 

Netralnews.com 已经通过了新闻委员会的验证,包括行政验证和事实验证。


 

愿景

成为以科技为基础、有利于社会的媒体信息和知识。


 


 

使命

1.为读者提供广泛的信息和知识;

2.为欲分享其作品信息和知识的作家,提供刊登作品的空间;

3.为欲促销商务的商家,提供发布商务信息的空间。


 

标语

“社会映像”代表 netralnews.com 将作为社会的反映,提供当今社会发生的种种事件。


 

分类与功能

Netralnews.com 按照新闻主题设计了多种新闻分类,分为:


 

新闻

提供对读者有用的新闻与发生的事件。


 

财经

提供宏观与个体经济新闻、股票、金融、房地产、汽车等新闻。\


 

国际

呈现国际新闻,以东盟新闻为焦点,也包括东亚、中东、以及欧美新闻。


 

体育

呈现关于F1、摩托GP以及其他体育项目的新闻。


 

生活

提供关于旅游、明星、音乐、电影、艺术、浪漫、技术与医学方面的新闻。


 

旅游与文化

呈现出印度尼西亚的旅游景点以及旅游攻略。


 

专业意见

呈现社会热点问题并提供意见与看法。

MANAJEMEN & REDAKSI

Netralnews.com
(PT Netral Kontinental Media)

PEMIMPIN UMUM
Hotma Simatupang

PEMIMPIN REDAKSI / PENANGGUNG JAWAB
Yohanes Crisostomas Kurniantoro

REDAKTUR PELAKSANA
Widita Fembrian Suryo Kusumo

Tommy Satria Ismaya Cahya


REDAKTUR
Sulha Handayani.

ASISTEN REDAKTUR
Irawan Hadi Prayitno

Nazaruli

Sesmawati


REPORTER
Adiel Manafe

Dimas Elfarisi

PD Djuarno

Wahyu Praditya Purnomo

Martina Rosa Dwi Lestari

PENULIS
Taat Ujianto

IT & WEB PROGRAMMER
Digo Ardestilano

WEB DESAIN & INFOGRAFIS
Nuramar Setiawan

SOCIAL MEDIA STRATEGIST
Jacqueline Goyurie


KONTAK KAMI
Redaksi
+6221-29765095
redaksi@netralnews.com

Iklan
+6221-29765095
iklan@netralnews.com

ALAMAT REDAKSI
CoHive - Cowell Tower
Ground Floor, Unit 01, PO 16
Jl. Senen Raya Blok A No.135
Jakarta Pusat - 10410

PEDOMAN SIBER

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.
Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:
1. Ruang Lingkup
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
2. Verifikasi dan keberimbangan berita
a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.
3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c). Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
e. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
f. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
g. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).
4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
5. Pencabutan Berita
a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.
6. Iklan
a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan 'advertorial', 'iklan', 'ads', 'sponsored', atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
7. Hak Cipta
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
8. Pencantuman Pedoman
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.
9. Sengketa
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.
Jakarta, 3 Februari 2012
(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

Kontak Kami

Alamat

Cohive 101, 10F Room 9
Jl. Mega Kuningan Barat Blok E. 4-7 No. 1
Kawasan Mega Kuningan
Jalarta Selatan 12950

Subscribe Newsletter Kami

Dapatkan update berita terkini ke email Anda dari netralnews.com